Senin, 28 September 2009

RANCANG BANGUN PENGUKURAN TEMPERATUR JARAK JAUH VIA SMS
BERBASIS MIKROKONTROLER ATMega8535

Mustaghfiri Asror DIII Instrumentasi & Elektronika Jurusan Fisika
Fakultas MIPA Universitas Diponegoro Semarang 2007


Abstract
Telah dibuat rancang bangun pengukur temperatur jarak jauh via SMS berbasis Mikrokontroler ATMega8535. Rancang bangun ini terdiri dari stasiun pengirim yang terhubung dengan Mikrokontroler ATMega8535 yang menggunakan Handphone Siemens M35i. pada stasiun penerima terdiri dari Handphone Nokia dan seperangkat komputer dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. pada stasiun pengirim terdiri dari Sensor Suhu LM35, Pengkondisi sinyal, Timer eksternal, Mikrokontroler AVR ATMega8535 dengan konfigurasi ADC internal dan Handphone Siemens M35i.
Alat ini bekerja dengan mengukur besarnya temperatur disuatu tempat dan mengkonversi ke data digital serta ke data format PDU (Protokol Data Unit) dan mengirimkan secara serial ke Handphone Simens. Pengaturan penundaan waktu pengiriman data pengukuran temperatur dilakukan oleh Timer eksternal 555 selama 15 menit penundaan. Akusisi data pengukuran ini akan diterima oleh ponsel Penerima yang terhubung dengan komputer menggunakan ponsel Nokia 3315 dan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.

Keyword: SMS, AT Command, AVR ATmega8535, Temperatur

File komplit dapat didownload disini.......




1 komentar:

Ardi mengatakan...

Selamat pagi mas. Topik yang mas ajukan sangat menarik sekali. Dan saya juga pengen coba. Misalnya ada kesulitan boleh saya minta bantuannya mas?
Email saya
Ardy_antoo@yahoo.com

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More